FEP (Fresh Enrichment Program) Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara
Logo Universitas Bina Nusantara

Masa orientasi dan pengenalan kampus (OSPEK) di sebagian universitas di Indonesia adalah masa yang paling dibenci oleh sebagian mahasiswa baru. Karena terdapat kesalahan konsep yang terjadi turun menurun dalam menjalankan acara tersebut. Ditambah lagi dengan paradigma yang berkembang di masyarakat bahwa OSPEK adalah masa dimana mahasiswa baru akan dipermainkan oleh para seniornya.

Berbeda dengan beberapa universitas di Indonesia Universitas Bina Nusantara mempunya cara tersendiri dalam menjalankan masa orientasinya. Masa orientasi di universitas yang akrab dengan nama BINUS ini disebut dengan FEP (Fresh Enrichment Program) yang dibagi dalam beberapa sesi.

Sebelumnya, karena BINUS mempunyai mahasiswa baru yang cukup banyak di setiap tahunnya jadi masa orientasi dijalankan dalam beberapa kloter, kloter pertama ialah  ABN, kedua BBN, ketiga CBN, hinga yang terakhir ialah FBN.

Saya adalah mahasiswa baru yang ikut menjalani orientasi di kloter terakhir yaitu FBN, kloter ini berbeda dari kloter-kloter sebelumnya karena mempunyai masa orientasi dengan urutan yang berbeda dan  paling singkat diantara yang lainnya. Urutan sesi yang ada dalam FEP BINUS ialah

  1. GO (General Orientation)
  2. AO (Academic Orientation)
  3. CLO (Campus Life Orientation)

Masa FEP pada umumnya berlangsung selama dua minggu dengan urutan yang tersebut. Tetapi pada kloter FBN para mahasiswa baru menjalankan FEP selama satu minggu dua hari dengan urutan AO, GO dan yang terakhir CLO. dan saya akan menjelaskan isi dari seluruh sesi yang ada dalam FEP sesuai dengan urutan yang normal.

  • GO (General Orientation)

Sesi yang pertama ini berlangsung  selama satu minggu pada umumnya tetapi pada keloter FBN, sesi ini berlangsung hanya selama dua har, tetapi hingga malam hari. Sesi ini berisi tantang pengenalan kampus secara umum, dimulai dengan berkumpul disebuah ruangan dan mendapatkan pengarahan tentang apa yang akan kita lakukan di sesi-sesi berikutnya. Pada sesi ini kami mendapat sambutan dar wakil rektor yang bernama Andreas Chang, menurut saya bagian ini merupakan salah satu bagian yang paling penting, beliau menjelaskan semua tenatang universitas Bina Nusantara, mulai dari sejarah dibangunnya universitas ini, hingga visi universitas ini dikemudian hari. Beliau juga berkata

“Dalam kuliah, yang terpenting bukan tempat dimana kita belajar, tetapi perubahan apa yang kita dapatkan semenjak kita belajar di universitas tersebut.”

Beliau juga mengajarkan bagaimana menjadi lulusan yang berkualitas yang bisa bersaing di persaingan global. Dan ia juga mengajarkan bahwa kita harus bisa memberi manfaat bagi orang lain. Dari cara menjelaskannya, saya yakin beliau adalah orang yang hebat. Kemudian dilanjutkan dengan cara menggunakan Binusmaya sebaga sarana pendidikan, tips n trick selama kuliah, guna dari Binusian flazz card, pengenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)dan organisasi lain yang ada di dalam universitas, sesi ini ditutup dengan acara kebersamaan. Seluruh kegiatan yang ada di sesi GO ini diorganisir oleh kakak senior yang bisa disebut BC (Buddy Coordinator).

  • AO (Academic Orientation)

Seperti namanya, sesi kedua ini berisi tentang pengenalan materi perkuliahan yang akan kita pelajari di semester berikutnya dan seluruh isi dari sesi ini dipegang oleh para dosen pengajar. Sesi ini berlangsung selama satu minggu untuk setiap kloter, tidak terjadi perbedaan lama waktu. Pada sesi ini, karena saya masuk dalam jurusn Teknik Informatika jadi saya mendapatkan pengenalan bahasa pemrogaman. mulai dari materi algoritma, pseudocode, hingga bahasa C. Diakhir sesi ini seluruh mahasiswa baru akan mennjalankan sebuah tes untuk menilai seberapa paham kita dalam menerima materi yang telah disampaikan, menurut saya tes ini mempunyai tingkat kesulitan yang cukup sulit. Mungkin dikarenakan materi yang terlalu cepat disampaikan berhubung waktu yang dimiliki hanya satu miggu.

  • CLO (Campus Life Orientation)

Dan pada sesi yang terakhir ini kita akan diajarkan tentang tata cara berkehidupan dikampus, fungsi dari tempat-tempat yang ada dikampus, dan juga cara-cara yang bisa kita lakukan untuk membantu perkuliahan kita.

Sesi ini dilakukan seminggu sekali selama perkuliahan berlangsung. Seluruh kegiatan yang ada dalam sesi ini juga diatur oleh kakak-kakak BC yang cantik dan tampan, ehem.


 

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI)
Logo Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI)

Di universitas Bina Nusantara terdapat sekitar tujuh puluh unit kegiatan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan yang berjalan. Salah satu organisasi yang ada ialah HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) organisasi ini dikhususkan untuk mahasiswa yang mengambil jurusan TI saja.

Logo HIMTI Togetherness and Top Performance (HTTP) 2015
Logo HIMTI Togetherness and Top Performance (HTTP) 2015

Pada masa FEP, HIMTI mengadakan sebuah kegiatan yang dinamakan HTTP (HIMTI Togetherness and Top Performance) dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa ini adalah acara kebersamaan yang diadakan oleh organisasi Himpunan Mahasiswa TI, acara ini semacam acara penyambutan untuk para mahasiswa baru jurusan TI. Acara ini juga berisi hiburan dari mahasiswa jurusan TI yang unjuk kebolehan di atas panggung. HTTP diadakan rutin setiap tahunnya. Dan untuk HTTP 2015 acara ini mengusung tema SHINE. Menurut saya acara-acara sperti ini perlu dipertahankan dan dikembangkan agar menjadi acara yang lebih bermanfaat kedepannya.

Mungkin cukup sekian penjelasan tentang masa orientasi yang terdapat pada universitas Bina Nusantara, saya yakin masa orientasi adalah salah satu faktor penting yang ada didalam perkuliahan, masa orientasiyang baik akan berdampak pada pembelajaran mahasiswa di kemudian hari. Dan Perkuliahan yang baik adalah perkuliahan yang dapat merubah hidup para mahasiswa hingga menjadi seseorang yang lebih baik didalam seluruh faktor kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *